About

Kamis, 07 Februari 2013

KISAH PUTRI DUYUNG


Al kisah, Putri Duyung/Little Mermaid adalah anak bungsu raja laut yang merupakan mahluk penghuni kerajaan lautan yang mempunyai dunia berbeda dengan dunia daratan. Little mermaid adalah putri tercantik dan bersuara paling indah.




Little Mermaid tidak punya jiwa seperti manusia, ia hidup di lautan dan mempunyai umur panjang hingga 300 tahun, namun ia tidak dapat hidup di daratan. Berbeda dengan manusia  yang tidak bisa hidup di laut dan hanya  mempunyai jiwa yang berumur pendek. Dikisahkan juga jika manusia itu mengakhiri umurnya dengan mati, sedangkan Little mermaid mengakhiri hidupnya dengan menghilang menjadi buih di lautan. Para duyung yang telah berumur 15 tahun diijinkan untuk naik ke atas permukaan laut dan melihat dunia manusia namun mereka diingatkan bahwa mereka tidak bisa hidup di luar karena dunia mereka berbeda dan hanya bisa sebatas mengagumi dunia luar saja. Little Mermaid banyak mendapat kisah menarik dari kakaknya tentang dunia luar/darat dan sangat penasaran ingin melihatnya sendiri. Akhirnya saat pun tiba di mana dia boleh pergi ke permukaan laut.

Saat itu ia melihat sebuah kapal, diatasnya banyak sekali orang-orang yang sedang merayakan ulang tahun sang pangeran. Dia sangat terpesona oleh ketampanan pangeran itu, namun dia hanya bisa melihatnya dari jauh. Ketika itu secara tiba-tiba badai besar menerjang, kapal pun terbelah, semua orang termasuk pangeran tenggelam ke laut. Little mermaid yang sadar melihat pangeran tidak bisa hidup di laut berusaha menyelamatkan pangeran. Dengan mengandalkan kekuatanya sendiri yang hampir habis, namun little mermaid terus berusaha mempertahankan dan membawa pangeran tetap dipermukaan air. Little mermaid langsung jatuh cinta pada pangeran dan menciumnya dengan lembut saat pangeran tak sadarkan diri. Dia lalu membawa pangeran ke daratan di mana terdapat sebuah kuil.


Little mermaid tidak bisa lama di darat dan dia tidak bisa memperlihatkan ekornya sehingga ia sembunyikan di air. Saat itu ia melihat seorang gadis muncul dan melihat kearah pangeran yang sedang terdampar, gadis itu mendekat untuk menyelamatkannya dan akhirnya banyak orang berdatangan. Pangeran sempat melihat ke arah little mermaid saat little mermaid akan pergi dari tempat itu namun pangeran tidak mengenalinya.


Little mermaid kembali ke laut, di rumahnya dia selalu murung dan tidak mau makan karena teringat cintanya kepada pangeran, dia ingin bersama dengan pangeran, lalu bertekad menemui penyihir yang bisa mengubah ekornya menjadi sepasang kaki yang indah, namun penyihir itu memberikan syarat kepada little mermaid yaitu perubahannya itu harus dibayar dengan lidah putri, sehingga akhirnya putri tidak bisa bersuara lagi, ada lagi kondisi lainnya saat ekornya sudah berubah menjadi kaki manusia, kaki itu akan terasa sangat sakit jika dipakai berjalan bagaikan terhunus-hunus benda tajam. Walaupun persyaratan yang harus ia hadapi tidak mudah, namun Little Mermaid tetap menerimanya dan memilih untuk menyanggupinya.  little mermaid bisa bertahan hidup sebagai manusia jika pangeran mencintainya dan menikah dengannya, namun jika pangeran menikahi wanita lain dan mencium wanita lain, little mermaid pun akan berakhir hidupnya dan akan hilang bagai buih di lautan.



Setelah menerima persyaratan dari penyihir itu akhirnya little mermaid bisa bertemu pangeran dan tinggal di dekat istana pangeran, pangeran pun jatuh cinta padanya, walau Little mermaid tidak bisa bersuara ataupun berbicara. Little mermaid tetap mampu bertahan walaupun kakinya sering kesakitan bagai ditusuk tusuk pisau tetapi akan snggup menghadapinya asal ia berada di dekat pangeran. Suatu ketika pangeran terkenang akan gadis yang menurutnya telah menyelamatkan dia, tapi pangeran tidak sadar bahwa sebenarnya little mermaid lah yang menyelamatkan dia.

Hal buruk terjadi, ternyata pangeran telah dijodohkan oleh raja dengan seorang putri dari kerjaan lain. Pangeran berjanji dan berkata bahwa dia akan tetap mencintai putri duyung dan ingin selalu bersamanya. Suatu ketika, pengeran bertemu dengan putri yang dijodohkan padanya, alangkah terkejutnya ia karena putri itu adalah wanita yang pertama ditemuinya di kuil saat dia terdampar yang ia menganggap putri itu sebagai penyelamatnya. Pangeran senang padanya dan dengan sukacita menerima perjodohan itu dan menikah dengannya.

Little mermaid sangat sedih mengetahui hal itu, kakak-kakak little mermaid juga mengetahui cerita sedih adiknya, merekapun ingin menyelamatkan adiknya, mereka rela mengorbankan rambut keemasannya untuk mendapatkan pisau sihir dari sang penyihir. Adiknya akan tetap hidup jika ia menusuk pangeran dan calon pengantinya sebelum esok tiba.

Little Mermaid mencoba menjalankan misinya, namun dia tak tega begitu melihat sang pangeran dan ia mengurungkan niatnya dan memilih tidak menusuk pangeran yang dicintainya itu.

Dengan perasaan sedih, little mermaid kembali ke laut dengan perasaan yang sangat sedih. Ia pun memilih untuk menusuk dirinya sendiri dengan pisau yang sebelumnya akan dipakai untuk membunuh pangeran dan calon istrinya. Tak lama kemudian little mermaid pun sampai pada akhir hidupnya, dia pun mati dan menghilang bagai buih di lautan, meninggalkan semua kenangan yang pernah terjadi sebelumnya.


Kesimpulan dari cerita diatas :
Little mermaid yang telah berusaha untuk menjadi seorang manusia sampai ia harus rela kehilangan suaranya yang indah demi bisa bersama pangeran impiannya justru mendapatkan kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan, karena sang pangeran memilih untuk menikah dengan wanita lain yang dianggapnya telah menyelamatkannya saat ia tenggelam dan terdampar. Little mermaid pun mati dan menjadi buih di lautan.

Hal-hal yang mustahil :
Ø Adanya seorang putri duyung (little mermaid).
Ø Penyihir yang bisa merubah ekor putri duyung menjadi sepasang kaki manusia.
Ø Putri duyung yang bisa dengan mudah menjadi seorang manusia.
Ø Mati dan menghilang menjadi buih
.

0 komentar:

Poskan Komentar